Broadband Untuk Indonesia Berdaya Saing

Tekad Pemerintah Republik Indonesia untuk mewujudkan agenda prioritas Nawacita, mutlak membutuhkan ketersediaan konektivitas antarwilayah dalam jaringan telekomunikasi yang andal. Sebanyak 254,9 juta penduduk Indonesia, yang tersebar di gugusan pulau dari Rote hingga Talaud, dari Sabang hingga Merauke, sangat memerlukan jaringan telekomunikasi suara maupun data yang baik, untuk mengatasi tantangan demografis dan geografis.

Konektivitas yang kuat dan merata juga diperlukan agar masyarakat Indonesia dapat secara bersama-sama melakukan transformasi menjadi bangsa yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan, serta memiliki daya saing yang unggul di kawasan regional.

Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) memiliki tanggung jawab besar untuk mengawal terselenggaranya konektivitas tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu BP3TI melaksanakan Program Rancang Ulang Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation di bidang Telekomunikasi dan Informatika (Redesain KPU/USO Telekomunikasi dan Informatika).

Sesungguhnya pembangunan KPU/USO telah dimulai sejak 2009-2014, namun tahun 2015 merupakan tonggak awal implementasi Redesain KPU/USO di bidang Telekomunikasi dan Informatika. Rancang ulang KPU/USO dilakukan bukan saja ditataran implementasi tetapi juga pada tataran kebijakan.

Wujud nyata kebijakan Redesain KPU/USO adalah ditetapkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 25 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informatika.

Sedangkan pada tataran implementasi, BP3TI juga telah menyusun berbagai Rencana Kerja sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2015 – 2019 untuk mendorong percepatan pelaksanaan KPU/USO di bidang Telekomunikasi dan Informatika, yang bertumpu pada pengembangan teknologi broadband. Harapannya, pengembangan teknologi broadband mampu mengatasi segala macam tantangan geografis dan demografis di Tanah Air.

Program KPU/USO di bidang Telekomunikasi dan Informatika tahun 2015 – 2019, menitikberatkan pada implementasi pembangunan teknologi broadband di seluruh Tanah Air. Konektivitas tinggi berbasis broadband itu akan memicu produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memperkokoh daya saing bangsa Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s