Kinerja Layanan USO Telekomunikasi dan Informatika

Logo BP3TI

BP3TI berupaya keras agar capaian kinerja program utama BP3TI, yakni menyediakan infrastruktur TIK bagi masyarakat dan menyediakan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi dapat terwujud secara maksimal. Sejumlah kendala dalam mewujudkan program utama dihadapi sebagai tantangan oleh BP3TI. Capaian kinerja yang telah ditoreh BP3TI pada tahun 2015 akan terus dikembangkan dari tahun ke tahun, untuk menghilangkan kesenjangan digital di wilayah Indonesia melalui implementasi KPU/USO di bidang Telekomunikasi dan Informatika.

Capaian-capaian kinerja yang telah dilakukan pada tahun 2015 dapat dijabarkan sebagai berikut:

Penyediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 25 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informatika, infrastruktur TIK adalah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penyediaan layanan telekomunikasi, internet dan/atau penyebaran informasi. Sehingga penyediaan Infrastruktur TIK yang memadai merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan pemerataan pembangunan komunikasi dan informatika di Indonesia.

Pada 2015, BP3TI menitikberatkan penyediaan infrastruktur TIK berbasis konektivitas broadband/pitalebar di sejumlah daerah untuk mendukung ketersediaan layanan telekomunikasi bagi seluruh masyarakat.

Program yang telah dilaksanakan BP3TI selama 2015 meliputi, penyediaan jasa akses internet, pembangunan BTS di daerah blankspot, pembangunan Desa Broadband Terpadu serta penyediaan infrastruktur penyiaran di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar.

Penyediaan Ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Penyediaan Ekosistem TIK merupakan salah satu mata rantai kerja BP3TI dalam rangka mewujudkan masyarakat berbasis informasi, yakni masyarakat yang memiliki kualitas kehidupan, perubahan sosial dan pembangunan ekonomi berdasar peran dan pemanfaatan TIK. Kegiatan dalam penyediaan ekosistem TIK dilaksanakan untuk mendukung pemberdayaan sarana dan prasarana penyediaan layanan telekomunikasi, internet dan/atau penyebaran informasi.

Lingkup Penyediaan Ekosistem TIK yang dilakukan BP3TI tidak hanya sebatas pada penyediaan aplikasi layanan publik, namun juga penyediaan pusat inkubator konten, penyediaan ekosistem broadband, dan penyediaan dan pengembangan aplikasi yang membantu mengembangkan kualitas masyarakat, seperti aplikasi e-Pemerintah, e-Pendidikan, e-Kesehatan, e-Logistik dan e-Pengadaan.

Selama 2015, BP3TI melaksanakan program penyediaan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat dengan memprioritaskan pada program-program seperti Penyediaan Payment Gateway Nasional, Program Penyediaan Inkubator Konten Lokal, Program Pengembangan Literasi Untuk Masyarakat Petani, Nelayan dan Pedalaman, Kajian Smart City, dan Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Sumber Daya Manusia di Desa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s