Desa Broadband Terpadu

Program Desa Broadband Terpadu merupakan salah satu program prioritas yang terus dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan BP3TI. Desa Broadband Terpadu adalah desa yang akan disediakan akses internet, perangkat akhir pengguna dan aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk setempat untuk memberdayakan potensi desa. Perpaduan kegiatan tersebut merupakan usaha Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengkombinasikan antara penyediaan infrastruktur TIK dengan penyediaan ekosistem TIK.

Program Desa Broadband Terpadu ini merupakan program penyediaan akses internet secara komunal yang pada 2015 telah dibangun sebanyak 50 desa dan akan terus dikembangkan pada tahun-tahun mendatang.

Cakupan Desa Broadband terpadu adalah desa nelayan, pertanian dan pedalaman pada wilayah pelayanan universal telekomunikasi dan informatika yang disediakan akses internet dengan kecepatan minimal 2 Mbps, perangkat pendukung, aplikasi pendukung dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi SDM.

Solusi teknologi akses internet yang digunakan pada program ini antara lain teknologi fiber optic, radio link dan VSAT. Penggunaan metode akses internet tersebut disesuaikan dengan kondisi geografis, demografis dan kebutuhan di daerah setempat. Program Desa Broadband Terpadu dilaksanakan dengan melibatkan elemen masyarakat, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dalam perencanaan, pengembangan dan implementasi.

perencanaan sdbt

Tujuan penyelenggaraan Program Desa Broadband Terpadu antara lain :

  1. Mengoptimalkan produktivitas mata pencaharian mayoritas masyarakat pada daerah pesisir, pertanian, dan pedalaman melalui pemanfaatan TIK
  2. Mengoptimalkan harga jual hasil produksi masyarakat melalui pemanfaatan TIK
  3. Mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan, keamanan, dan komunikasi melalui pemanfaatan TIK

Lokasi pelaksanaan Program Desa Broadband Terpadu didasari pada evaluasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Republik Indonesia berdasarkan data desa usulan pemerintah daerah (Pemda).

Agar penyelenggaraannya berkesinambungan bermanfaat secara optimal, pembangunan Desa Broadband Terpadu di setiap lokasi dibarengi dengan komitmen bersama antara Kementerian Kominfo dengan pemerintah daerah.

Capaian Desa Broadband Terpadu Tahun 2015

Target pelaksanaan Program Desa Broadband Terpadu pada 2015 adalah 50 lokasi. BP3TI pada 2015 berhasil memenuhi target pembangunan Desa Broadband Terpadu di 50 (lima puluh) lokasi yang tersebar di 20 (dua puluh) kabupaten dan 7 (tujuh) provinsi, sebagaimana tercantum dalam tabel berikut ini :

Selain penyediaan infrastruktur TIK berupa penyediaan akses internet serta perangkat pendukung untuk masyarakat desa sebagai pengguna, dalam penyelenggaraan Program Desa Broadband Terpadu juga dilakukan sinkronisasi dengan beberapa program yang termasuk dalam lingkup penyediaan ekosistem TIK, seperti Pengembangan SDM serta Pengembangan Aplikasi. Hal ini dimaksudkan agar manfaat Program Desa Broadband Terpadu bagi masyarakat dapat optimal.

Pada 2015, aplikasi Desa Broadband Terpadu telah dikembangkan dengan membangun portal Desa Broadband Terpadu di alamat URL: http://broadband-desa.go.id/ yang merupakan kegiatan kerjasama antara Direktorat Pengembangan Pitalebar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika dengan pengembang konten dan aplikasi lokal yang berasal dari swasta.

program aplikasi sdbt

BP3TI juga telah melakukan pengembangan dengan melalukan penambahan berbagai fitur tidak berbayar untuk memperkaya portal broadband-desa.go.id. Pengembangan aplikasi merupakan salah satu Program Swakelola BP3TI dengan Universitas Indonesia melalui kegiatan pengembangan literasi.

portal sdbt

Salah satu fitur yang ditambahkan pada portal Desa Broadband Terpadu adalah fitur call center Broadband. Fitur ini melayani pengaduan melalui telepon yang terintegrasi dengan layanan call center BP3TI melalui nomor call center 1500-876. Sehingga masyarakat Desa Broadband Terpadu dapat melakukan panggilan telepon secara online melalui internet untuk melakukan pengaduan, memberikan saran maupun kritik agar dapat menjaga kesinambungan (sustainability) Program Desa Broadband Terpadu.

Untuk menjaga optimalisasi pemanfaatan fasilitas dan menjaga keberlangsungan Desa Broadband Terpadu, faktor SDM memiliki peranan yang penting. Untuk itu, selain melakukan sinkronisasi pembangunan infrastruktur dan aplikasi, pengembangan SDM menjadi kunci penting dalam program ini.

Pengembangan SDM pada Desa Broadband Terpadu dilaksanakan untuk melatih SDM di desa agar dapat memanfaatkan fasilitas yangdisediakan pada Program Desa Broadband Terpadu. BP3TI mendidik SDM Program Desa Broadband Terpadu agar terampil menggunakan aplikasi untuk mengoptimalkan produktivitas mata pencaharian, harga jual dan kualitas hidup di bidang kesehatan, pendidikan, keamanan dan komunikasi.

Dalam melaksanakan pengembangan SDM Desa Broadband Terpadu, pada 2015, BP3TI menggandeng Direktorat Kerjasama Universitas Indonesia untuk melaksanakan kegiatan pendukung tersebut, dalam bentuk:

  1. Observasi dengan tujuan untuk pengumpulan data profil desa, pemilihan peserta Training of Trainers (TOT), Program Pengembangan SDM, penentuan penempatan perangkat internet
  2. Penentuan Modul untuk panduan ToT Program Pengembangan SDM, Panduan pendampingan desa, panduan pengelolaan aplikasi sistem informasi desa, panduan pengelolaan aplikasi desa dan panduan pengelolaan pusat informasi masyarakat
  3. Pelaksanaan ToT di seluruh Desa Broadband Terpadu
  4. Pendampingan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan membantu warga dalam memperkenalkan teknologi informasi dan upaya peningkatan taraf hidup masyarakat melalui penggunaan teknologi informasi.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s