HUT RI, Pecut Penyediaan Base Tranceiver Station (BTS) Rampung Akhir 2016

Era digital sedang dalam masa puncaknya. Namun, Kesenjangan Telekomunikasi dan Informatika antar wilayah di Indonesia masih kentara. Banyak daerah di Indonesia yang masih menjadi daerah blankspot. Kondisi geografis Indonesia yang bergunung-gunung dan terdiri dari ribuan pulau menjadi alasan sulitnya Kemkominfo mengurai kesenjangan Telekomunikasi dan Informatika antara pusat dan daerah. Program Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) pun dicanangkan Kemkominfo dan menunjuk Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) sebagai eksekutor dalam mengurangi kesenjangan telekomunikasi tersebut melalui program Penyediaan Base Tranceiver Station (BTS) di daerah Blankspot Layanan Telekomunikasi.

Penyediaan Base Tranceiver Station (BTS) di daerah Blankspot Layanan Telekomunikasi (selanjutnya disebut BTS), menjadi salah satu solusi mengurai titik blankspot . BP3TI pada tahun 2015 telah menyediakan 5 BTS perbatasan yang dapat mengurai 5 titik blankspot, 3 di Kepulauan Riau, 1 di Kalimantan Utara, dan terakhir di Keerom Papua.Tahun 2016, target BP3TI akan mengentaskan 132 daerah blankspot. Pembangunan BTS Perbatasan tahun 2016 dikonsentrasikan di Kalimantan, NTT, Papua, dan Maluku.

Dalam pembangunan BTS, Kemkominfo memberikan peluang kepada pemerintah daerah (pemda) untuk mengusulkan lokasi pembangunan BTS. Usulan lokasi kemudian disurvei oleh tim gabungan dari operator telekomunikasi, pemda dan Kemkominfo serta BP3TI. Hasil survei tersebut kemudian menjadi dasar implementasi BTS yang dibangun oleh BP3TI.

Berdasarkan survei, spesifikasi BTS yang dibutuhkan minimal memiliki tinggi 32 M dan membutuhkan 450 watt energi listrik dan bandwidth 256 Kbps. Jika dibandingkan dengan kecepatan data di pusat, daerah yang akan dibangun BTS masih jauh dari kata mapan koneksi telekomunikasi. Namun, sebagai permulaan dan sesuai perhitungan kebutuhan data di daerahperbatasan, kecepatan 256 Kbps diasumsikan sudah dapat mencukupi kebutuhan data di daerah perbatasan.

Pelaksanaan program BTS padatahun 2016, BP3TI bertugas untuk menyediakan power tower (Menara dan catudaya) dan transmisi. Penyediaan BTS/GSM dipercayakan oleh Kemkominfo kepada PT Telkomsel pada 132 lokasi Blankspot tahun 2016. BP3TI dalam menyediakan power tower dan penyediaan transmisi dilaksanakan melalui proses seleksi dengan mekanisme e-Purchasing (e-Katalog LKPP) berdasarkan aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang berlaku.

Setelah melalui proses seleksi/ pemilihan dalam pengadaan, PT.Surya Energy Indotama mengemban tugas sebagai penyedia power dan tower, sedangkan pekerjaan transmisi diemban oleh 6 perusahaan, yaitu PT. Telkom,Tbk,  PT. AJN Solusindo, PT. Matra Mandiri Prima, PT. Aplikanusa Lintas Arta, PT. Indo Pratama Teleglobal dan PT. Dwi Tunggal Putra.

Hal yang tidak kalah penting dalam pembangunan BTS adalah sinergi antara pemda dan Pemerintah Pusat, yaitu Kemkominfo Pemda sebagai pihak pengusul memiliki tugas menyediakan lahan. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, lahan yang disediakan pemda dipinjam pakai oleh Kemkominfo sebagai lokasi BTS.

Selainitu, pemda juga harus membantu dan mempercepat proses ijin pembangunan BTS, seperti ijin mendirikan bangunan, ijin prinsip, dan ijin gangguan. Sehingga saat semua proses administrasi di pusat selesai, proyek pembangunan BTS dapat segera dieksekusi.

Berdasarkan rapat Join Project Planning(JPP) di D.I. Yogjakarta pada tanggal 14-15 Juli 2016, ditargetkan 8 lokasi di Kalimantan Barat dan Papua Barat dari total 132 lokasi akan “on air” sebelum tanggal 17 Agustus 2016.5 lokasi yang terletak di Kabupaten Sengau, Kalimantan Barat adalah, Dusun Sei Tekam, Dusun Sugumon, Dusun Bungakang, Dusun Mangkau dan Dusun Pala Pasang. 3 lokasi lainnya berada di Papua Barat yaitu 2 di Kabupaten Pegunungan Arfak dan Maybrat.

Fase “on air” ke-dua ditargetkan pada bulan September 2016 untuk 25 lokasi,masing-masing 12 lokasi di Nusa Tenggara Timur, 2 Lokasi di Maluku, 6 Lokasi di Kalimantan Barat, 2 lokasi di Kalimantan Timur, 2 Kalimantan Utara.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s